Kamis, 17 September 2015

Global leadership : Perilaku Pemimpin

Menjadi pemimpin sebenarnya sangat berat.  Ada banyak beban yang harus diembannya. Tak sekedar mencari profit atau membuat organisasinya berkembang pesat hingga berkualitas global, tetapi lebih kepada bagaimana ia menghadirkan dirinya sebagai seorang pemimpin.
Didunia ini banyak orang yang telah menduduki jabatan tinggi diberbagai lembaga baik negeri maupun swasta.  ia dilabeli sebagai pemimpin.  Ia dijuluki " Pak" Bapak," Bos "Pertanyaannya apakah ia sungguh telah hadir sebagai pemimpin yang diharapkan dan tertanam dalam hati dan pikiran orang-orang yang dipimpinnya. Apakah ia telah betul-betul membawa perubahan yang diharapkan oleh orang-orang yang dipimpinnya.  Apakah ia telah membuat orang-orang yang dipimpinnya bahagia dan merasa senang serta penuh motivasi karena dipimpin oleh orang yang tepat ?
Ketika Nabi Muhammad pulang dari medan perang dan mengatakan bahwa kita baru pulang dari perang kecil dan perang yang besar itu menahan hawa nafsu kita sendiri, bukan hanya para sahabat yang termenung memikirkan kata-kata Nabi Muhammad saw, maka kitapun dizaman modern harus bertul-betul merenungi makna kata tersebut.

Ketika Sun Tsu mengatakan pemimpin yang hebat itu yang membuat musuh besarnya menjadi sahabat sejatinya, tentu bukan kata sembarangan, penuh sarat makna dan kekuatan kualitas hati dan pikiran yang mendalam, yang membuat kita yang hidup dizaman sekarang harus lebih berfikir dan berfikir lebih keras lagi memaknai kata pemimpin.
Apakah ia telah hadir diposisi terdepan ketika pasukannya bertempur dimedan perang, dan ditengah ketika orang-orang yang dipimpinnya membutuhkan segala petunjuk dan nasihat atau  dari belakang mendorong orang-orang yang dipimpinnya untuk maju kedepan menuju kesuksesan dan kebahagian sejatinya.
Karena itu, menjadi pemimpin bukan sekedar berbekal SK pengangkatan dari pejabat yang lebih tinggi, dari pendiri perusahaan , atau pemegang saham, tetapi, apakah ia sudah introspeksi diri bahwa ia layak menjadi pemimpin yang baik, benar dan cerdas serta bijaksana di hati dan pikiran orang-orang yang dipimpinnya.  

Tidak ada komentar:

Leadership impian

 Siapakan yang pantas menjadi leader impian ? bagaimana standar menjadi leader impian ? Apakah anda bisa menjadi leader impian ?