Senin, 29 Juni 2015

Pelatihan dan Pengembangan SDM

Pelatihan dan Pengembangan SDM
Pelatihan focus pada penguasaan pekerjaan-pekerjaan teknis hingga satu bidang kerja dikuasai yang ditandai menguasai standar operasional prosedur dan pemecahan masalahnya.
Sementara pengembangan SDM focus pada peningkatan kualitas dan kapasitas diri, sehingga hubungan antara individu dengan organiasasi menjadi serasi, saling mengisi dan saling membesarkan.  Perusahaan besar karena SDM membesarkannya sebaliknya SDM dibesarkan oleh perusahaan sehingga memiliki high skill atau sangat professional dan kompetitif.
Pelatihan focus pada pelatih, pelatih mengajarkan apa, seberapa dalam dan seberapa baik ia memberikan pelatihan dan pada  hasil pelatihannya terlihat pada keberhasilan mengerjakan tugas dari orang yang dilatihnya.  Pengembangan SDM berorientasi pada peserta, seberapa berkembang SDM yang dikembangkan dan bagaimana proses mereka dikembangkan.  Pelatihan atau pendidikan apa yang harus diberikan untuk SDM yang akan dikembangkan dan prosesnya seperti apa.
Pelatihan SDM berorientasi pada perbaikan kinerja, efisiensi biaya, sertifikasi keahlian pekreja yang dilatih.  Sementara, pengembangan SDM berorientasi tidak kekurangan SDM berkualitas tinggi, hasil pengembangan dapat digunakan untuk promosi jabatan dilingkungan internal dan tak perlu merekrut SDM dari luar, yang belum in dengan cultur perusahaan.  SDM berkualitas akan membuat perusahaan menjadi sangat kompetitif.


Tidak ada komentar:

Leadership impian

 Siapakan yang pantas menjadi leader impian ? bagaimana standar menjadi leader impian ? Apakah anda bisa menjadi leader impian ?